Pages

Labels

Kamis, 30 April 2020

Tangga Nada (SBdP Subtema 1 Tema 9)



LINK PRESENSI (WAJIB)
Sebelum memulai membaca/belajar materi tentang tangga nada, silakan bisa klik link presensi berikut  : https://bit.ly/PresensiBDBTanggaNada

MENGENAL TANGGA NADA
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis.

Pembelajaran 2
A. TANGGA NADA DIATONIS
Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada. Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis, yaitu:
a. Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.
Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor - Sanjayaops
b. Tangga nada diatonis minor
Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1 - 1/2- 1 - 1 - 1/2- 1 - 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.
1. Tangga nada diatonis minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.
Mengenal Tangga Nada (Halaman 12) - BELAJAR KURIKULUM 2013
2. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.
Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis Minor
3. Tangga nada diatonis minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.
Ada perbedaan dalam menyanyikan lagu dengan nada diatonis minor dan diatonis mayor. Perhatikan tabel berikut.
Berikut ini contoh lagu yang bertangga nada diatonis minor dan bertangga nada diatonis mayor.
1. Tangga Nada Diatonis Minor

2. Tangga Nada Diatonis Mayor
Silakan kedua lagu di atas dihafalkan ya. Bisa minta bantuan orang tua atau saudara untuk menghafal atau mengiringi dengan alat musik.

Pembelajaran 5
B. TANGGA NADA PENTATONIS
Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang hanya memaikai lima nada pokok. Penta memiliki arti LIMA. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan  nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro.
1. Pelog
Urutan tangga nada pelog yaitu 1-3-4-5-7. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah Gamelan Pelog. Gamelan pelog memiliki 7 (tujuh) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) dengan perbedaan interval yang besar.
2. Slendro
Urutan tangga nada slendro yaitu 1-2-3-5-6. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah Gamelan Slendro.  Gamelan slendro lebih tua usianya dari pada gamelan pelog. Gamelan slendro memiliki 5 (lima) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 (C- D E+ G A) dengan interval yang sama atau kalaupun berbeda, perbedaan intervalnya sangat kecil.
Nah, sekarang coba kalian praktekkan menyanyikan lagu Suwe Ora Jamu dan Ilir Ilir bersama dengan orang tua atau saudara kalian.

Pembelajaran 6
C. ALAT MUSIK MELODIS
Alat musik melodis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan melodi. Alat musik melodis digunakan untuk memainkan melodi lagu sesuai dengan tangga nadanya. Beberapa contoh alat musik melodis berdasakan cara memainkannya adalah sebagai berikut.
1. Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik : mandolin, kecapi, gitar,sasando.
2. Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup :  seruling, pianika.
3. Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditekan : akorden, piano.
4. Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digoyang : angklung.
5. Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek : biola.
6. Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dihisap : harmonika.
7. Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipukul : bonang, drum.
Untuk penjelasan tentang tata cara bermain alat musik melodis seruling (recorder) dan pianika, bisa perhatikan penjelasan di bawah ini.
Bagi kalian yang masih memiliki alat musik melodis seruling (recorder) ataupun pianika, silakan bisa dicoba untuk memainkannya dengan tangga nada yang dari lagu di bawah ini.


LINK TUGAS
Kerjakan soal untuk latihan dengan santai ya. Jangan lupa setelah mengerjakan, klik "MARKED AS DONE" atau "TANDAI SUDAH SELESAI" pada tugas ini di Google Classroom. Nilai tidak akan keluar kalau kalian belum melakukan "marked as done" atau "tandai sudah selesai". Semangat !!!!
Berikut ini Linknya : https://bit.ly/TugasBDBTanggaNada
Jangan lupa masukan passwordnya : SBdP19

Demikian Distance Learning Kelas VA kali ini. Kerjakan sebaik-baiknya dan penuh semangat ya. Tetap jaga pola hidup sehat, jaga pola makan, dan jaga jarak. Selamat melanjutkan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan tahun 1441 H.

0 komentar:

Posting Komentar