Pages

Labels

Jumat, 15 Mei 2020

Campuran Homogen dan Campuran Heterogen

Mata Pelajaran  : IPA Subtema 2 Tema 9
Hari, Tanggal    : Jum'at, 15 Mei 2020
Pukul                : 09.00 - 23.00 WIB
Lakukanlah percobaan di bawah ini bersama dengan saudara atau orang tua kalian. Adapun bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.
Peralatan

  1. Gelas plastik transparan
  2. Sendok plastik

Bahan

  1. Air
  2. Gula putih
  3. Kopi bubuk

Langkah-langkah percobaan sebagai berikut.

  1. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk gula hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  2. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk kopi hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  3. Bandingkan hasil kedua larutan bersama teman satu kelompokmu.
  4. Buat laporan hasil percobaanmu dengan menuliskan hal-hal berikut. (laporan dimasukkan ke dalam google form) 
    • Percobaan yang dilakukan
    • Alat dan bahan yang digunakan.
    • Hasil percobaan, berisi : Perbedaan antara Larutan Gula dan Larutan Kopi (Sifat larutan gula dan sifat larutan kopi) dan kesimpulan. 
  5. Jangan lupa ambil dokumentasi berupa photo atau video saat kalian melakukan percobaan tersebut!
Latihan soal tambahan (soal dan jawaban ada di Google Form)
  1. Sebutkan salah satu materi yang kamu ketahui  ! Untuk menjawab soal ini, kalian bisa membaca buku paket Tema 9 halaman 74-75. 
  2. Sebutkan salah satu jenis campuran, komponen penyusunnya, serta sifat campurannya ! Untuk menjawab soal ini, kalian bisa membaca buku paket Tema 9 halaman 106 - 107.
Link Kantong Tugas
Jangan lupa setelah mengerjakan, klik "MARKED AS DONE" atau "TANDAI SUDAH SELESAI" pada tugas ini di Google Classroom. Nilai tidak akan keluar kalau kalian belum melakukan "marked as done" atau "tandai sudah selesai". Semangat !!!!

Berikut ini Linknya : https://bit.ly/CampHetHom-IPAST2T9

Demikian Distance Learning Kelas VA kali ini. Kerjakan sebaik-baiknya dan penuh semangat ya. Tetap jaga pola hidup sehat, jaga pola makan, dan jaga jarak. Selamat melanjutkan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan tahun 1441 H.

0 komentar:

Posting Komentar