Pages

Labels

Jumat, 06 September 2019

TULIB#7 – Tugas Liburan (Sabtu, 07 September 2019)

Bacalah teks di bawah ini!

Sungai Ciliwung Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Setinggi 3 Meter
            Terjadi banjir bandang disekitar sungai ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 19.00 WIB hingga pagi jam 09.00 WIB. 2 Desa terendam dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah. Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.
Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini sekitar dua tahun yang lalu, tetapi banjir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di sungai ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.

1. Buatlah pertanyaan dengan kata tanya “di mana” , “kapan”, dan “berapa” dari teks informasi paragraf pertama!
2. Buatlah dua pertanyaan dari teks informasi paragraf kedua!

Bacalah teks di bawah ini!
Soal Bocor, UN Diulang???
Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Rabu, 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri Pendidikan, Anies Baswedan mengatakan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian sudah diselidiki. Ia memaparkan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, telah ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal. Setelah mendapat laporan tersebut, Menteri Pendidikan segera melakukan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Kerjasama pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa sesungguhnya dibalik peristiwa ini.

Bocornya soal ujian nasional ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan kembali ujian ulang atau tidak. Tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan yang menyangkut besarnya nilai biaya pembuatan soal.

    3. Buatlah satu pertanyaan dan satu jawaban dari masing-masing paragraf di atas ! (ada 4 paragraf)

Untuk menambah pemahamanmu, silakan bisa tonton video di bawah ini!

Matematika
Kerjakan soal di bawah beserta dengan carany ! (Diketahui, Ditanya, Jawab, Jadi)
  1. Perbandingan uang Abdul dengan uang Hamid adalah 3 : 5, jika jumlah uang keduanya adalah 400.000 rupiah, berapa rupiah uang Abdul, dan berapa rupiah uang Hamid? dan berapa rupiah selisih uang keduanya?
  2. Perbandingan umur guru dengan umur Katro adalah 8 : 3, bila selisih umur keduanya adalah 15 tahun, berapa jumlah umur keduanya?
  3. Jumlah keseluruhan siswa  SD Mutiara adalah 475 orang. Apabila perbandingan jumlah siswa laki-laki dan perempuan adalah 9 : 5, maka berapakah jumlah siswa perempuan yang ada di sekolah tersebut?
  4. Tinggi badan bejo dibandingkan dengan tinggi badan parto adalah 5 : 7. Selisih tinggi badan mereka adalah 35 cm. Berapakah tinggi badan mereka bila dijumlahkan?
  5. Perbandingan antara banyaknya buku matematika dan buku bahasa inggris di sebuah perpustakaan adalah 6 : 8. Bila selisih bannyak dari kedua buku tersebut adalah 27 buah, maka berapakah banyaknya buku matematika di perpustakaan itu?


NOTE:

JAWABAN dan SOAL ditulis di buku tulis!
SEMANGAT BELAJAR DAN MENGERJAKAN....!!!!

0 komentar:

Posting Komentar