Perkembangan
anak usia sekolah dasar disebut juga perkembangan masa pertengahan dan masa perkembangan
akhir anak (middle and late childhood).
Perkembangan masa ini merupakan kelanjutan dari masa awal anak. Menurut
Santrock (2013:41), masa sekolah dasar dimulai dari usia enam tahun sampai
sebelas tahun. Di dalam periode ini peserta didik sudah mulai belajar kehidupan
sosial di luar keluarganya. Anak pada masa sekolah dasar sudah memiliki
pergaulan yang semakin luas. Teman pergaulan mereka tidak hanya teman di
sekitar lingkungan rumah, tetapi dengan teman di sekolah dan di lingkungan
masyarakat sekitar tempat tinggalnya.
Melalui kegiatan mereka
di sekolah dan kegiatan terorganisir, anak-anak belajar tentang dunia di luar
keluarga, menyesuaikan diri dengan tuntutan orang lain, membandingkan kinerja
mereka dengan rekan-rekan mereka, dan mengembangkan kebiasaan menghadapi
tantangan dan mengembangkan kesempatan belajar.
Pada umur ini, mereka
membentuk identitas pribadi, konsep diri, dan orientasi terhadap prestasi yang
akan memainkan peran penting dalam membentuk keberhasilan mereka di sekolah,
pekerjaan, dan kehidupan. Kehidupan masa kanak-kanak yang berpindah dari
lingkungan rumah ke dalam konteks sosial yang lebih luas sangat mempengaruhi
perkembangan mereka.
Oleh karena itu, sekolah
harus memperkenalkan anak-anak untuk peran-peran sosial baru di mana mereka
mendapatkan status sosial dengan kompetensi dan kinerja mereka. Guru perlu
memahami bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan meskipun intensitasnya
bervariasi antara siswa yang satu dengan yang lain. Kebutuhan siswa juga
bervariasi sesuai dengan tahapan perkembangannya, yang pada umumnya meliputi
kebutuhan fisik, kognitif, emosi, sosial, dan intelektual. Hal ini akan menentukan bagaimana siswa dalam
masing-masing tahapan belajar dan berkembang sesuai dengan kemampuannya.
Dunia
sosio-emosional anak menjadi semakin kompleks dan berbeda pada masa ini. Interaksi
dengan keluarga dan teman sebaya memiliki peran yang penting. Sekolah dan
hubungan dengan guru menjadi hal yang penting dalam hidup anak. Pemahaman
tentang diri dan perubahan dalam perkembangan gender dan moral menandai
perkembangan anak selama masa kanak-kanak akhir. Pemahaman tersebut bisa
diperoleh oleh seorang anak saat mereka bermain dan berinteraksi dengan teman
sebayanya. Bahkan mereka akan mendapatkan pemahaman lebih saat mereka menjalin
persahabatan dengan teman mereka.
Anak-anak sangat memerlukan
pendampingan berupa pemberian fasilitas dan pengawasan baik oleh guru di
sekolah maupun orang tua di rumah. Selain itu pemantauan oleh orang tua di
lingkungan masyarakat juga sangat diperlukan agar anak bisa berkembang dengan bener lan pener. Agar nantinya anak bisa
berkembang dengan optimal dan menjadi anak yang bisa ber-sosial dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar