Pages

Labels

Kamis, 16 November 2017

MENGENAL PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK

Perkembangan anak usia sekolah dasar disebut juga perkembangan masa pertengahan dan masa perkembangan akhir anak (middle and late childhood). Perkembangan masa ini merupakan kelanjutan dari masa awal anak. Menurut Santrock (2013:41), masa sekolah dasar dimulai dari usia enam tahun sampai sebelas tahun. Di dalam periode ini peserta didik sudah mulai belajar kehidupan sosial di luar keluarganya. Anak pada masa sekolah dasar sudah memiliki pergaulan yang semakin luas. Teman pergaulan mereka tidak hanya teman di sekitar lingkungan rumah, tetapi dengan teman di sekolah dan di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggalnya.
Melalui kegiatan mereka di sekolah dan kegiatan terorganisir, anak-anak belajar tentang dunia di luar keluarga, menyesuaikan diri dengan tuntutan orang lain, membandingkan kinerja mereka dengan rekan-rekan mereka, dan mengembangkan kebiasaan menghadapi tantangan dan mengembangkan kesempatan belajar.
Pada umur ini, mereka membentuk identitas pribadi, konsep diri, dan orientasi terhadap prestasi yang akan memainkan peran penting dalam membentuk keberhasilan mereka di sekolah, pekerjaan, dan kehidupan. Kehidupan masa kanak-kanak yang berpindah dari lingkungan rumah ke dalam konteks sosial yang lebih luas sangat mempengaruhi perkembangan mereka.
            Oleh karena itu, sekolah harus memperkenalkan anak-anak untuk peran-peran sosial baru di mana mereka mendapatkan status sosial dengan kompetensi dan kinerja mereka. Guru perlu memahami bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan meskipun intensitasnya bervariasi antara siswa yang satu dengan yang lain. Kebutuhan siswa juga bervariasi sesuai dengan tahapan perkembangannya, yang pada umumnya meliputi kebutuhan fisik, kognitif, emosi, sosial, dan intelektual. Hal ini akan  menentukan bagaimana siswa dalam masing-masing tahapan belajar dan berkembang sesuai dengan kemampuannya.
            Dunia sosio-emosional anak menjadi semakin kompleks dan berbeda pada masa ini. Interaksi dengan keluarga dan teman sebaya memiliki peran yang penting. Sekolah dan hubungan dengan guru menjadi hal yang penting dalam hidup anak. Pemahaman tentang diri dan perubahan dalam perkembangan gender dan moral menandai perkembangan anak selama masa kanak-kanak akhir. Pemahaman tersebut bisa diperoleh oleh seorang anak saat mereka bermain dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Bahkan mereka akan mendapatkan pemahaman lebih saat mereka menjalin persahabatan dengan teman mereka.

Anak-anak sangat memerlukan pendampingan berupa pemberian fasilitas dan pengawasan baik oleh guru di sekolah maupun orang tua di rumah. Selain itu pemantauan oleh orang tua di lingkungan masyarakat juga sangat diperlukan agar anak bisa berkembang dengan bener lan pener. Agar nantinya anak bisa berkembang dengan optimal dan menjadi anak yang bisa ber-sosial dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar